Thursday 16 April 2015

Produk Tabungan Mabrur / Haji Bank Syariah Mandiri

Assalamualaikum sahabat syariah semua.., pasti ada di antara sahabat syariah yang membaca blog saya ini yang ingin pergi ke tanah suci baik itu haji atau umroh. Caranya gimana sih untuk bisa haji atau umroh? Daftarnya lewat mana kalau mau umroh atau haji? Nah itu sahabat yang akan kita bahas disini. Setelah tadi kita selesai membahas Tabungan Bank Syariah Mandiri di postingan sebelumnya, kali ini saya akan membahas tentang Tabungan Haji Bank Syariah Mandiri. kita kenalan dulu yuk dengan produknya, nama produk untuk tabungan haji di Bank syariah Mandiri adalah BSM Tabungan Mabrur. Tabungan Mabrur BSM adalah tabungan khusus yang digunakan unuk membantu pelaksanaan ibadah haji dan umroh, tabungan ini saat ini hanya menggunakan dalam mata uang rupiah. Jadi sesuai dengan tujuan dibukanya tabungan ini, tabungan ini hanya bisa digunakan untuk tujuan ibadah haji ataupun umroh sesuai dengan akad pas awal pembukaan tabungan itu.

Akad yang di gunakan untuk Tabungan Mabrur ini adalah akad Mudharabah Al Muthlaqah. Akad Mudharabah Al Mutlaqah yaitu akad kerjasama antara dua pihak, dimana shahibul maal (Nasabah) menyediakan dana atau modal dan memberikan kewenangan penuh kepada mudharib (Bank)dalam menentukan jenis dan tempat investasinya, dimana keuntungan dan kerugian berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak di muka. Oleh karena itu, karena tabungan ini khusus untuk ibadah haji ataupun umroh, maka dalam perjalanannya, tabungan ini tidak dapat di tarik sewaktu-waktu seperti jenis tabungan yang lain. Akan tetapi tabungan ini bisa ditutup karena batal atas permintaan nasabah. Biaya untuk penututpan rekening sebesar Rp 25.000 (tahun 2015).

Menurut informasi yang saya peroleh dari petugasnya, Tabungan ini secara sistem sudah online dengan SISKOHAT Kementrian Agama, sehingga akan mempermudah dalam proses pendaftaran ibadah haji di Kementrian Agama jika saldo sudah mencukupi untuk di daftarkan ibadah haji.

Syaratnya apa aja sih kalau mo buka tabungan haji ini? Ternyata syaratnya simple sahabat syariah.. cukup bawa KTP aja. iya betul.. cukup bawa KTP AJA, Terus daftar deh di customer service, bilang mo buka tabungan haji. "Kalau setoran awal pembukaan tabungan mabrur ini berapa?" wah.. dah gak sabar ya.. ^-^. Setoran awal untuk pembukaan Tabungan Mabrur ini cuma Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah), dan setoran berikutnya minimal Rp 100.00 (seratus ribu rupiah). Jika saldo di tabungan sahabat syariah sudah mencapai 25juta (untuk saat ini) maka secara sistem akan di daftarkan ke SISKOHAT kementrian agama.

Gimana sahabat syariah.. kalau kita nabung tiap hari 50rb, ternyata kita bisa langsung ikut terdaftar berangkat haji dalam waktu kurang lebih 1.5 tahun lho... Memang harus di rencanakan dari dini ya sahabat syariah semua.. Kalau tidak sekarang mau kapan lagi?

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya, Wassalamualaikum..^-^

No comments :

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"